Mengapa Kebiasaan merokok banyak dimulai dari usia remaja?

Ada beberapa pengaruh Yang menyebabkan para remaja membiasakan diri dengan menghisap rokok.

  1. Pengaruh orang tua,

Kurangnya perhatian dari orang tua dan seringnya memberikan hukuman secara fisik yang terlalu keras merupakan salah satu penyebab depresi pada anak remaja sehingga menyalurkan kemarahannya pada rokok. Dan kemungkinan besar sang anak juga meniru kebiasaan orang tuanya yang merokok. Bila dibandingkan dengan anak remaja yang hidup dikalangan keluarga bahagia dan menerapkan ajaran nilai-nilai sosial dan agama, tentunya berbeda. Remaja ini akan merasa segan kepada orangtuanya jika merokok. Apalagi bila orang tuanya tidak merokok.

  1. Pengaruh pergaulan

Tidak bisa dipungkiri lagi, banyak fakta membuktikan bahwa anak remaja yang perokok juga bersahabat dengan sesama perokok. Terkadang mereka merasa minder apabila tidak merokok, dan kadang disebut “Gak gaul..”.

  1. Faktor kepribadian

Pada faktor ini seorang perokok biasanya beralasan hanya ingin tahu atau coba-coba merasakan rokok, ingin melepaskan rasa bosan, stres, dan rasa sakit lainnya yang dia rasakan.

  1. Pengaruh Iklan

Kita harus menyadari bahwa iklan sangat mempunyai pengaruh besar bagi perkembangan remaja. Biasanya pada sebuah iklan akan menmpilkan gambaran yang menarik mengenai perokok sebagai lambang kejantanan.

Oleh karena itu, untuk bisa mencegah kebiasaan merokok bagi para remaja kita harus tahu penyebabnya sebelum mereka terjerumus dalam dunia rokok. Karena kita tahu rokok dapat menimbulkan berbagai penyakit bagi yang mengkonsumsinya dan merugikan orang yang tidak ikut merokok karena polusi udara yang ditimbulkan oleh asap rokok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s